Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasikan Google Trends untuk Jualan Online

Aplikasikan Google Trends untuk Jualan Online

Maksimalkan  Google Trends untuk menangkap peluang bisnis online. Simak cara menggunakan Google Trends di sini.

Apa itu Google Trends?

Singkatnya, Google Trends adalah sebuah aplikasi web dari perusahaan Google yang berfungsi untuk  memperoleh informasi mengenai kata kunci yang paling populer.

Perlukah Google Trends untuk jualan online?

Sangat perlu. Dengan Google Trends,  Anda bisa mengetahui produk apa yang sedang trend, produk yang sedang banyak dicari orang dan sedang naik daun, dengan begitu Anda bisa melihat peluang pasar untuk meningkatkan penjualan setiap waktu.

Fungsi Google Trends untuk penjualan online

Seperti yang dilansir dari situs mebiso, memaksimalkan fungsi  Google Trends untuk bisnis online seperti berikut ini:

1. Menemukan ide konten

Konten selalu dibutuhkan untuk meningkatkan traffic, konten segar juga bisa membina relasi baik antara Anda dan follower. Dengan Google Trends, Anda bisa  memeriksa setiap kepopuleran sebuah kata kunci yang Anda pilih pada periode waktu tertentu sehingga  Anda dapat menemukan ide – ide yang bagus untuk konten dan meningkatkan traffic.

2. Menggunakan fasilitas konten kalender

Ini semacam langkah monitoring terhadap kepopuleran sebuah keyword yang digunakan. Menggunakan Google Trends bisa Anda mengidentifikasi pola siklus kata kunci yang kita pilih. Maka dengan menggunakan fitur dari aplikasi ini, kita bisa merencanakan untuk membuat konten yang berhubungan dengan bisnis atau penjualan. Sederhananya, dengan aplikasi ini Anda bisa mengetahui  waktu tepat untuk melejitkan penjualan produk Anda.

3. Membuat konten dengan video

Selain artikel, konten terbaik untuk meningkatkan traffic toko online Anda adalah video. Seperti yang sedang populer saat ini, sebuah konten visual akan menarik perhatian masyarakat lebih banyak dari pada konten yang biasa dikerjakan. Anda bisa mencari tahu kira – kira hal apa yang  dibutuhkan orang yang selanjutnya Anda format pada konsep video. Contohnya ketika sedang banyak diperbincangkan tentang Cupcake, kita bisa mencoba untuk membuat sebuah konten video yang berisi resep membuat cupcake tersebut dan lain sebagainya. Cara tersebut jauh lebih mudah untuk menarik perhatian masyarakat.

4. Memperbarui brand

Masih ada yang ajaib dari Google Trends, yakni memperbarui brand (seperti pasar yang selalu mengikuti trend dan trend bersifat sementara dan tentatif). Jika sudah dirasa waktu tepat untuk memperbarui brand maka Google Trends akan membantu Anda dalam mencari sebuah kata kunci yang tepat. Kata kunci yang membuat brand Anda tidak berakhir tragis tapi tepat sasaran dan meledak.

Dengan Google Trends, siapapun akan mudah memantau perkembangan brand di pasaran Kita juga harus selalu memantau perkembangan brand Anda di pasaran. Kita dapat mengawasinya melalui Google Trends. Ketika apa yang kita hasilkan sudah tidak menarik lagi bagi masyarakat, kita bisa mencari alternatif lainnya untuk membuat konten yang benar – benar sedang dibutuhkan oleh masyarakat maka langkah perbarui brand adalah keputusan tepat.

Cara menggunakan Google Trends

Masuk ke Google Trends dengan akun gmail Anda.

Masukan kata kunci yang dipilih pada kotak tambahkan istilah penelusuran.



  1. Seluruh dunia :  (Penyaringan kategori lokasi) Pilih Indonesia
  2. Lima tahun terakhir : (Penyaringan waktu) Ada banyak opsi, Anda scroll saja sesuai kebutuhan.
  3. Semua kategori: (Penyaringan kategori) Pilih belanja karena Anda memang memangsa pembeli.
  4. Penelusuran web : (penyaringan kategori aplikasi atau media yang digunakan).
Seperti contoh di bawah ini, memasukan keyword ‘mukena’ kemudian dengan filter lokasi Indonesia, rentang waktu 7 hari terakhir, semua kategori, dan memilih media web selanjutnya enter.


 


Anda bisa melihat kueri terkait?!

Ternyata kebanyakan orang menggunakan keyword ‘toko mukena’ , ‘mukena terbaru 2017 dan harganya’, ‘mukena cantik shahnaz’ dan ya, sekarang Anda tahu model mukena terbaru di tahun ini bernama mukena shahnaz. Kemudian Anda hanya perlu menggunakan keyword-keyword tersebut untuk dioptimasikan ke dalam toko online Anda dan tunggu saja kejutannya.

Nah, sudah paham kan keajaiban Google Trends seperti apa. Semoga bermanfaat.

sumber : http://tinyurl.com/ybqmvkn6

Posting Komentar untuk "Aplikasikan Google Trends untuk Jualan Online"